[Review] Compressport: Calf Compression (untuk Berenang)


Sudah cukup lama sejak tulisan saya yang terakhir (mengenai Tahura Race),  ini pun menjadi proyek saya yang tertunda. Oh ya sebelum melanjutkan, sedikit mengenai saya; olahraga saya Renang, dan juga Lari, karena keterbatasan waktu dan sarana, sejak saya di kota ini saya lebih sering berolahraga Lari, dengan berenang sebagai selingan minimal 1x seminggu.

Sebenarnya sudah banyak di internet review mengenai Compression pants, Quads, Arm Sleeve, Thighs,  sebut aja deh. pasti gampang banget ketemu di Internet. Yang membuat saya tertarik menambahkan adalah, selain dalam versi Bahasa Indonesia, review mengenai Compression Calf kali ini yang dipergunakan: untuk berenang (Pool Swimming).

Produk dari Compressport kali ini sangat menarik perhatian saya, selain sudah menjadi standard bagian dari aktivitas olahraga saya,  Sebenarnya apa sih ini?

Background

Ini bukan kaki sayaTarget Compression ini adalah pada otot betis (calf), yang saya rasakan adalah ini meningkatkan sirkulasi dan melindungi terhadap kelelahan kaki dan nyeri otot. Compression menjaga otot dari getaran yang “terlalu banyak” yang kemudian menunda kelelahan otot.

Cukup diperlukan sebagai bagian dari latihan atau pasca latihan (recovery) untuk orang yang membutuhkan ekstra support di daerah betis.

Saya pribadi sering merasakan keram/nyeri otot apabila berenang, selain menjaga asupan (minerals), menjaga sistem dehidrasi dan warm-ups tentunya, hal ini masih sering terjadi, terutama pada saat berenang dengan jarak yang cukup jauh. Saya menemukan penggunaan compression calf sangat membantu.

On the Go

Sesuai dengan namanya produk ini memang  “mengompres”  bagian tubuh anda, karena fungsinya ini, ukurannya memang  kecil sehingga agak sulit untuk mengenakannya.  berikut ada tips ciamik:

 DSC00063DSC00064

In the Pool

Selama berenang saya tidak mengalami hambatan/masalah sama sekali dan memang sangat membantu kaki saya tetap fresh, menghasilkan ayunan kaki yang lebih efektif

DSC00092

Kebetulan ini sudah beberapa kali saya gunakan di kolam renang, yang saya pernah dengar bahwa chlorine dari kolam renang merusak sepertinya tidak terbukti.  Compressport sepertinya terbuat dari bahan yang memang tahan terhadap Swimming Pool Chemicals. 

Aftercare

Sampai saat ini Compression saya masih berfungsi baik, masih saya gunakan untuk Long Runs dan Recovery.  Kadang saya gunakan untuk nyetir jarak jauh, help my legs feel fresh. Namun beberapa sumber juga menjelaskan untuk tidak menggunakan Calf Compression terlalu lama karena menghambat peredaran darah ke kaki (yang tidak ter kompress) berbeda dengan Compression Socks, rekomendasi penggunaannya bisa seharian🙂

Menurut saya selama perawatannya baik, cenderung tidak akan ada masalah. setiap selesai berenang di kolam saya selalu bilas dengan air biasa dan saya Lay to Dry (bukan di gantung) selang 4-5 kali pemakaian saya menggunakan detergent khusus untuk mencucinya.

Note: Petunjuk pencucian tiap merek mungkin berbeda, pastikan anda selalu mengikuti sesuai dengan instruksi yang diberikan

Buy it!

Keunggulan produk ini memang sudah berkali kali teruji, saya pertama kali mendengar ini dari seorang teman yang menjadi distributor produk ini di negara tetangga, namun ketika SukaOutdoor.com menjual produk ini di Indonesia, saya sangat merekomendasikan  karena harganya yang sangat bersaing dan aftersales serta servicenya yang maknyus.  Untuk lebih detail mengenai ukuran yang sesuai, kalau masih bingung langsung contact aja Sales Assistant SO, helpful bgt kok, ada PIN Blackberry 25731F2F, Twitter, Facebook , atau telp (021) 669-7095.

Sedikit catatan tambahan, dibeberapa lomba (Triathlon), tidak diperkenankan (Illegal) menggunakan extra Compression meskipun itu dibalik Trisuit / Wetsuit. Jadi pastikan apabila anda menggunakan ini dalam sebuah lomba, anda telah terlebih dahulu mengetahui peraturan lomba tersebut.

Leave a Reply

