Tahura Trail Running Race


Minggu kemarin sempat diberikan kesempatan mengikuti Trail Race yang cukup jarang diadakan di bumi pertiwi ini. Diselenggarakan oleh Indonesian Biking Adventure (IBA), lomba ini saya nilai cukup sukses, dari kacamata saya yang sok tau ini…:p

Pendaftaran

Setiap lomba pasti ada proses pendaftaran nya #menurutngana dan kali ini very well managed oleh IBAS pendaftaran di buka sekitar 2 bulan sebelumnya (kalau saya ngga salah) di situs mereka, dan ada support account juga di fesbuk secara saya banyak runners yang masih fesbukan.

Biaya Pendaftaran: Rp 120.000 untuk kategori individual yang dibagi menjadi 2kelas usia yaitu:

  • kelas open usia 39tahun kebawah Putra Putri dan
  • kelas Master usia 40tahun keatas Putra Putri

bagi 100 pendaftar pertama mendapatkan RaceBelt hmm mayan juga secara jarang lomba lomba entitlement nya Race Belt🙂 brangkatss!!

Race Pack Collection

Sejak jauh jauh hari panitia melalui Facebook yang menjadi salah satu media komunikasi mereka, sudah menginfokan teknis pengambilan bisa di Bandung (eiger) atau Jakarta. Rencana awalnya hari selasa teman teman yang di Jakarta udah boleh ngambil Race Pack, tapi karena satu dan lain hal (yang akhirnya saya ketahi bahwa, ada salah satu vendor yang belum siap) proses pengambilan Race Pack dialihkan semua ke Bandung *pheww untung bukan ke Tangerang*  awalnya sempat kepikiran juga, bakal ribet ngga ya? karena saya ngambilin buat 43 orang beberapa temen.

Lokasi pengambilan Race Pack di Eiger bandung, Jumat saya capcus ke Eiger, disana udah ada yang nunguin, temen saya Argo karena kantornya disebelah Eiger, jadi dia semacam sensus, pelari siapa aja yang ngambil racepack. Ketemu juga teh Thris disana.

turns out,… proses nya mudah banget, ngga ribet, ngga kaku, dan petugasnya juga ramah, helpful.

Proses pengambilan Race Pack
Photo courtesy of Jeremy Sebastian

Sebagai pelari yang itung itungan saya sih agak kecewa Runners Entitlement nya kurang “WAH”😦

Photo courtesy of Jeremy Sebastian
Runners Entitlement
Photo courtesy of Andree Nugraha
  1. Men’s/Womans Health
  2. Merrel Voucher (worth Rp 300.000)
  3. New Balance (shoes) 30% discount voucher
  4. Race Belt
  5. T-Shirt
  6. Compression Socks
  7. Girlfriend

H-1

Berghaus
Photo courtesy of Aki Niaki
Image
Photo Courtesy of Aki Niaki

Ini diluar arrangement panitia, saya bersama teman teman dari jakarta lunch di Warung Nasi Bu Imah, lalu lanjut jalan-jalan, ngopi di Selasar, malemnya dinner Khatulistiwa @Eiger Sumatra,

sebenernya sih gara gara beberapa dari kita pengen liat Berghaus di belakang Eiger + Wall Climbing hahaha

Reserve tempat didepan perapian tapi ujan😦 untungnya pas kita dateng ujan nya reda, jadi masih bisa dipakai tempatnya *cihuy*

Great night, akhirnya kita selesai sekitar jam 10-an dimana seharusnya udah tutup

Photo Courtesy of Aki Niaki
Click to Enlarge
Photo Courtesy of Jane Djuarahadi
Photo Courtesy of Aki Niaki

Race Day!!

Penginapan saya pada hari itu dan teman teman tidak seberapa jauh dari lokasi start, tapi kami tetap memilih menggunakan mobil untuk kesana, untungnya lahan parkir yang tersedia di Pintu 1 sangat memadai, jam 6am saya dan beberapa teman sudah ada disana.

pada hari itu ada, 126 pelari kelas umum putra( usia 39th kebawah) , 59 pelari kelas umum putri ,49 pelari kelas Veteran putra (usia 40th keatas ), 3 mantan, 12 gebetan, 14 pelari kelas Veteran Putri serta 25 group kelas Family, lumayan banyak juga ya.

Start dimulai OnTime jam 7 salut buat panitia, ngga pake lama, bertele tele, mungkin karena di Bandung ya, dingin.

Rute yang dilalui awalnya aspal sekitar 1km kemudian mulai tanah sekitar 30% track Tanah dan sisanya paving blocks yang liciiiiinnn banget! jadi kalau pakai road shoes kemungkinan besar cukup “menderita”.

Photo Courtesy of Panitia

Yang saya salut ada yang make “invisible shoes” pasti kuat kaki nya, seperti benteng pertahanan Belanda.

Petugas Race (Marshall) menurut saya cukup sigap, mengingat persentase yang nyasar kecil, kinerja marshall kali ini lumayan oke.

yang sangat disayangkan adalah Water Station! penempatannya cukup ada 3 titik di KM 2,5 , KM.5 dan KM.7,5… namun berupa air mineral botol. sayang aja menurut saya sebaiknya disediakan opsi ukuran yang lebih kecil.

Post Race

Setelah Race refreshment yang disediakan, ada teh manis dan air mineral botol, padahal kan kita laper. jadi kalau mau yang lebih berat harus jajan. oya MAP juga buka beberapa booth, ada Merrel dan NB, mayan jadi buat liat liat.

Race kali ini timing system nya manual jadi setelah finish harus tergantung pada gadget yang di badan, kecuali anda super fast ada yang nyatetin begitu anda finish.

Pose Finish yang sebaiknya jangan ditiru
Photo Courtesy of Wailan Waroka

ngga berapa lama setelah foto foto, pembagian doorprize dimulai, disini saya males nulis panjang panjang soalnya saya ngga dapet doorprize😐

Photo Courtesy of Aki Niaki
Photo Courtesy of Wailan Waroka
Photo Courtesy of Wailan Waroka

karena ada kemungkinan salah satu temen podium jadi kita nungguin Prize Ceremony yang di gabung dengan acara setempat, duhh lamanyaaa. Setelah di push oleh beberapa teman, diumumin juga pemenangnya.

overall race kali ini not bad at all mengingat frekuensi acara sejenis sangat jarang, semoga makin sering aja ya, karena track yang ada banyak banget, marketnya mungkin yang masih sedikit, moga moga dengan masuknya Salomon beberapa bulan lagi, perkembangan olahraga lari, khusus nya trail makin maju ha ha ha.

Mari Lari!

r

9 thoughts on “Tahura Trail Running Race

  1. Pingback: Review: Calf Compression untuk Berenang | Fake Pace

  2. Fiba

    Soal sepatu setuju banget,, menderita sengsara, tegang deg2an takut jatoh huhuhu hiks … 10K yg berasa 100K,, huhu ga nyampe2. Tapi senang senang sekaliiii … Seruuu… Ga kapok ( eh… Mikir ulang ). Unforgettable first running trail race🙂

  3. Banyak ‘coretan’-nya yaa kang Rian.. Halah kang.. :p Panas2in atuh biar ada trail race lg..trek jayagiri tangkuban ato ciwidey. Walopun pas tiap tanjakan ngedumel, “sh** ngapain sih gue disini?” Tp pas finish yg kepikiran, “kapan nih lagi?” Haha baca tulisanmuh jd ngikik2 ga jls di ugd. Witty!

  4. yustina

    Thank you udah didaftarin dan diambilin racepacknya.. was a good race experience, gak bosen tapi pake misuh2 (dalam hati), hihihi

  5. *ngakak baca di bagian racepack* btw, postingannya seruu! soalnya ada foto sayah, mihihii… soal race, amiin, pengen banget deh bisa sering-sering ada event beginian di sini

  6. emang Salomon mo masuk sini ya, Yan? Waaaaa.
    Btw, hepiii race kemaren. Thanks ya Yan udah dicariin bib. Seperti kata boi, lo langsingan sekarang. Apeeeuuu! Ahahahahaha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s